Jumat, 21 Mei 2010

ILMU!!oh ilmu??

RS T didaerah Jakarta Pusat.. merupakan rumah sakit yang menurut gw hampir sama kayak Rumah sakit di luar negri (House, Grey's anatomy, dll)..klo ada konsulennya dateng kunjungan ke pasien, maka antek2nya ngikutin semua, ya ga suster, coass, n dokter umumnya. Dateng ke satu-satu pasien, trus dokter umumnya presentasi kondisi pasien dan hal-hal yang uda dilakukan di pasien, trus konsulennya mulai memastikan laporan dokter umumnya dengan kembali nanya-nanya, buka-buka baju, cek sana cek sini, putar sana putar sini, trus muali kasih instruksi :" lanjutkan ya terapinya" atau "tambahin ya dengan obat...,jangan lupa cek EKG, EEG, CT-scan, dll" abis itu keluar ruangan.. mulai deh dengan "pertanyaan maut".. terutama kepada coass sebagai generasi penerus dokter-dokter.

"bagaimana kamu menegakkan diagnosa penyakit..."
"Trus apa kamu mau kasih apa pada nih pasien.."
"Obatnya apa aja? dosisnya brapa?efek sampingnya apa? bekerja dimana aja tuh obat..bla..bla.."

Penyiksaan belum berakhir "bagi para coass"
"Ok, kamu bikin laporan nih pasien, besok presenrtasikan ya. Dalam bentuk power point, jangan lupa hasil foto dan lab dilampirkan di slide ya."

Jawaban coass
"Iya...dok..." pasrah. Dalam hati "O my God".."Alamat ga tidur gw".."Mampus deh..jerawatan lagi gw"..

Tapi bukan cuma itu.. bekerja di RS ini, datang jam 7 pagi, pulang.... tergantung kebutuhan. Sehabis visit pasti ada acara diskusi ceria bersama konsulen untuk membahas penyakit pasien dan evaluasi hasil pengobatan. Kalo lagi cepet pulang jam 7 malam..kalo lagi ribet dan "menarik..."(huek) bisa-bisa pulang jam 11 malem.. arrgghhhhh

Enaknya.. ada Ilmu yg bisa di share oleh konsulen.. tapi nerakanya adalah..waktu istirahat, senang-senang, jalan-jalan, TIDUR so pasti berkurang!!!bahkan ga ada!!! seminggu disini serasa sebulan. Deritanya tiada akhir..

Tapi, satu hal yang bisa gw teladani dari konsulen gw itu. Dia uda tua tapi tenaganya, semangatnya mengajar,dan cara dia menunjukkan sikapnya di depan pasien are number one!!top bgt!! Menurut gw, dia adalah satu-satunya teladan yg pernah gw lihat begitu rendah hatinya dan sabarnya dalam memperhatikan pasien dan ..kita-kita sebagai tenaga klinis yang masih bau kencur alias masih baru..
Seharusnya dia dapat penghargaan!!apa kek..
Gw yang sempet jenuh dengan kerjaan kayak gini, akhirnya gw kembali semangat. Figur beliau sangat menyentuh dan menginspirasi gw.

Semangat!! dont give up bro!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar